Menjaga kebersihan rak gondola adalah salah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan dari rutinitas perawatan minimarket. Hal ini harus menjadi perhatian penting bagi pemilik ritel agar tidak menyepelekan kebersihan rak gondola. Dapat dikatakan bahwa rak gondola adalah inventaris toko yang cukup mahal karena terbuat dari bahan terbaik agar awet dan tahan lama. Selain itu, rak gondola memang harus kokoh untuk menopang banyaknya barang, juga jika tersenggol oleh para pengunjung. Jika tidak dirawat dengan baik-baik, maka rak gondola akan mengalami pengeroposan hingga kerusakan fatal.

Beberapa faktor dapat menyebabkan kusam dan kotornya rak gondola, salah satunya adalah cuaca. Indonesia dengan perubahan cuaca yang tidak menentu, ditambah jika kondisi toko yang cukup lembab, maka akan menyumbangkan kerusakan pada rak gondola. Inilah yang harus dirawat dan dijaga, baik oleh pekerja maupun pemilik minimarket. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dilakukan agar rak tetap awet dan tahan lama, di antaranya adalah:

– Menggunakan Autosol
Pada perawatan ringan atau sekedar membersihkan debu, maka dapat menggunakan kemoceng atau lap bersih untuk menyingkirkan debu-debu tersebut. Namun perawatan seperti itu tidaklah cukup, harus mendapatkan perawatan lanjutan agar lebih tahan lama. Untuk rak yang terbuat dari stainless maupun chrome, dapat menggunakan autosol sebagai tambahan. Fungsi autosol di sini adalah menghilangkan noda pada rak gondola.

– Menggunakan Coumpund Cat
Untuk rak yang menggunakan powder coating sebagai finishing, maka langkah lanjutannya adalah menggunakan compund cat. Caranya adalah mengoleskan bahan tersebut pada rak kemudian digosok dengan kain bersih dan kering. Compund cat akan membuat rak terlihat mengkilap seperti baru.

– Menggunakan silikon cair
Sementara itu, untuk rak gondola yang terbuat dari bahan plastik, maka bahan terbaik untuk membersihkannya adalah menggunakan silikon cair. Tentu saja sebelumnya harus menyingkirkan debu dengan kemoceng dan lap. Kemudian aplikasikan silikon cair pada permukaan rak gondola, setelah itu digosok dengan kain bersih hingga rak tampak seperti baru kembali.

Lakukan perawatan secara rutin dan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil maksimal serta menjaga ketahanan rak gondola yang dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.